Thursday 3 April 2014

Arti Kata : Pengertian Mnemonics dan teknik mnemonic

Yang dimaksud dengan Mnemonics adalah teknik atau alat yang berupa sajak (rima) atau gambaran (image), yang bermanfaat untuk meningkatkan penyimpanan (storage) dan pengingatan informasi yang telah termuat dalam memori.
Dua bagian dari memori termuat dalam definisi : (1) Penyimpanan (storage) atau pengkodean (coding) terhadap informasi; (2) Pengingatan kembali informasi-informasi yang sudah disimpan. Berikut ini kita akan melihat bahwa beberapa teknik mnemonic dapat berhasil dalam membantu ativitas dalam tahap-tahap memori, baik penyimpanan, pengkodean, maupun mengingat.
Ada banyak sekali alat atau cara untuk membantu mengingat (memori). Orang berpidato menggunakan catatan (note); penyiar televisi menggunakan “idiot cards” atau teleprompters; tenaga pemasaran mengenal nama-nama stock dagangannya dari indeks yang mereka miliki; dokter-dokter mengingat gejala-gejala penyakit dari handbooks; dan para mahasiswa/pelajar sering membuat catatan-catatan yang sering digunakan pula sebagai alat contekan (crib cards).
Para orator di jaman Yunani dan Roma kuno untuk mengingat bahan pidatonya mereka menggunakan teknik yang dinamakan “method of loci”; dalam bidang keagamaan, orang telah menggunakan tasbih untuk membantu menghapal doa-doa. Orang Amerika asli menjalankan ritual dan memberi penjelasan mengenai filosofi hidup mereka melalui cerita-cerita yang mereka hafalkan, dan cerita-cerita rakyat yang diceritakan oleh banyak kelompok ini dipenuhi dengan perumpamaan-perumpamaan (imagery) yang hidup untuk memudahkan orang dalam mengingat.

berikut adalah teknik atau strategi belajar dengan mnemonics :

1. Chunking atau Pemotongan

Kapasitas memori otak seseorang sangatlah terbatas apabila orang tersebut mempelajari suatu kalimat atau deretan angka yang panjang. Sulit bagi kebanyakan orang untuk menghafal deretan angka yang digunakan untuk nomor rekening bank atau nomor handphone. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi agar nomor tersebut dapat dengan mudah dihafal dan diingat yaitu dengan melakukan pemotongan pada deretan angka yang panjang (lebih dari 10 digit). Sebagai contoh, seseorang akan dengan mudah mengingat nomor handphone yang telah dibagi menjadi dua potong deret angka yaitu 085648-214225 daripada harus menghafal deret angka yang panjang 085648214225. Begitu juga dengan kalimat yang panjang, diperlukan pemotongan agar kalimat lebih pendek dan mudah diingat.

2. Akronim

Akronim membantu memori dengan membuat hubungan antara informasi baru dan informasi yang telah dikenal. Misalnya ketika menghafal 7 warna pelangi yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, maka kebanyakan orang akan cepat lupa karena keterbatasan memori pada otak. Tetapi apabila menggunakan akronim dengan mengingat huruf pertama dari tiap kata tersebut dalam suatu deretan kata. Tujuah warna pelangi dapat diakronimkan menjadi MeJiKuHiBiNiU. Contoh lain ketika mencoba menghafal 7 besaran pokok yaitu panjang, waktu, intensitas cahaya, suhu, kuat arus, massa, dan jumlah zat akan lebih mudah diingat dengan diakronimkan menjadi PWISuKaMaJu.

3. Link Word (Kata Berkait)

Metode kata berkait diciptakan oleh Richard Atkinson (1975) sebagai suatu mnemonics untuk belajar kosa kata bahasa asing. Metode ini menciptakan gambaran mental yang mengkaitkan suatu kata yang dikenal siswa dengan kata asing yang belum dikenal siswa.

4. Rhymes and Songs

Banyak orang yang jauh lebih jago menghafal lirik lagu dibandingkan pelajaran, maka dalam menghafal sesuatu, metode ini cocok untuk digunakan.  Misalnya dalam mengingat nama-nama hari atau alfabet waktu kecil, kita
diajarkan menghafalnya dengan lagu. Nah, itu adalah conton dari metode  mnemonic rhymes and songs.

5. Link System
Teknik ini digunakan dalam menghafal daftar. Kita bisa mencoba  menggunakan mnemonic link system. Misalnya kita perlu menghafal  daftar yang di dalamnya terdiri dari: anjing, amplop, angka 13,  benang, dan jendela. Kita bisa membuat sebuah cerita, seekor anjing mengirim amplop ke rumah nomor 13 yang isinya benang lewat  jendela.

 

Source : http://mahirbelajar.wordpress.com/2013/01/26/mnemonics-cara-cepat-menghafal/

http://psikologi-pio.blogspot.com/2012/07/mnemonics.html

2 comments: