Monday 16 September 2013

Makanan Sehat Baik Untuk Jantung

Sering merasakan jantung berdegup kencang usai olahraga? Ini wajar. Yang perlu diwaspadai adalah, saat degupan kencang itu tak kunjung berhenti. Konsultasikan pada pakar kesehatan jantung mengenai kondisi ini. Atau sebagai pertolongan pertama coba konsumsi beberapa makanan untuk mengurangi kecepatan detak jantung seperti dilansir Boldsky. 

Yoghurt

Yoghurt mampu mengatasi jantung yang berdetak cepat. Ini karena kandungan vitamin B 12 yang membantu sel-sel saraf berkembang dengan baik dan memperkuat sistem saraf untuk menghindari stres saraf. 

Pisang

Pisang mengandung kalium dalam jumlah tinggi yang mampu meredakan degup jantung. Kalium bekerja sebagai elektrolit penting yang dibutuhkan untuk komunikasi antara otak dan jantung. 

Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai pencegah penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, bawang putih juga kaya akan antioksidan yang mampu mengeluarkan racun tubuh.

Almond

Jenis kacang ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kelebihan lain almon: pengontrol nafsu makan bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Tahu

Jika menginginkan jantung sehat, konsumsi tahu sangat dianjurkan. Produk olahan kedelai ini kaya akan kalsium dan vitamin yang baik untuk kesehatan jantung. Sajian tumis, tahu, puding tahu, atau semur tahu tak masalah.

Ikan

Ikan seperti tuna, salmon, atau sarden mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga baik untuk jantung. Ikan-ikan ini juga dianggap efektif dalam mengurangi detak jantung berlebih.

Kismis

Kismis juga mengandung potasium tinggi, namun rendah sodium. Buah ini dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang mampu mengobati denyut jantung berlebih secara alami.

Oatmeal

Kandungan omega-3 dalam oatmeal dianggap sebagai makanan terbaik untuk mengatasi kolesterol jahat di arteri. Asam lemak ini juga membantu menstabilkan denyut jantung. Waktu terbaik mengonsumsinya adalah pagi hari dengan mencampurkan potongan buah segar.

Peppermint

Sebelumnya peppermint tidak termasuk sebagai salah satu makanan yang baik untuk jantung. Namun menurut pengobatan oriental kuno, peppermint dapat memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah di jantung.

Labu

Labu mengandung magnesium yang dapat membantu menstabilkan detak jantung. Cara menikmatinya: coba untuk mengukus atau mengolahnya menjadi cake.
 
Sumber : VIVAlife

No comments:

Post a Comment