Friday 7 April 2023

Arti kata : Pengertian gawai

Gawai berasal dari padanan kata gadget. Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah satu ini memiliki dua makna yang cukup berbeda. Makna pertama dari kata gawai ini adalah kerja; pekerjaan. Artinya, gawai berada di kelas kata nomina yang memiliki makna ‘kerja’ atau ‘pekerjaan’.

Sementara makna kedua adalah perkakas yang berarti gawai termasuk dalam golongan kata kl (klasik). Makna tersebut tergolong dalam kelas kata nomina bermakna ‘alat’ atau ‘perkakas’. Dalam setiap petunjuk kamus, singkatan kl yang berasal dari kata klasik digunakan pada kata-kata dalam kesusastraan Melayu Klasik.

Dari kedua makna di atas, ada dua homonim kata gawai, yaitu kerja; pekerjaan dan alat; perkakas. Untuk makna pertama sejatinya digunakan sebagai pembentuk kata pegawai yang mengacu pada pekerja di kantor ataupun karyawan. Makna pertama ini masih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun untuk makna kedua hampir tidak pernah digunakan lagi dalam kosakata sehari-hari. Oleh sebab itu, makna tersebut ditandai dengan singkatan kl di dalam kamus. Makna kedua yang mengacu pada alat atau perkakas penunjang pekerjaan ini pada akhirnya menjadi padanan kata berbahasa Inggris, yaitu gadget.

Menurut Wikipedia berbahasa Indonesia, gawai adalah suatu peranti yang bertujuan dan berfungsi praktis. Secara spesifik, gawai dirancang sebagai alat yang lebih canggih ketimbang perangkat teknologi yang telah diciptakan sebelumnya. 

Source : https://www.jojonomic.com/blog/gawai-adalah/

No comments:

Post a Comment