Saturday 20 April 2024

Derivasi adalah..?

Menurut  Ba’dulu dan Herman (2006:12) ”morfologi derivasi mengambil satu kata dan mengubahnya menjadi kata yang lain, yaitu menciptakan entri-entri leksikal baru. Dalam kasus-kasus yang paling jelas, morfologi devirasi menciptakan suatu kata dari kategori sintaksis lain”.
            Menurut Verhaar, (2010:121) derivasi adalah proses morfemis yang mengubah kata sebagai unsur leksikal tertentu menjadi unsur leksikal yang lain.
            Menurut Chaer, (2007:175) derivasi merupakan pembentukan kata secara derivatif membentuk kata baru, kata yang identitas leksikalnya tidak sama dengan kata dasarnya.
            Menurut Kridalaksana, (1993:40) derivasi adalah proses pengimbuhan afiks non-inflektif pada dasar untuk membentuk kata.
Yang dimaksud dengan derivasi ialah konstruksi yang berbeda distribusinya daripada dasarnya atau afiks yang menghasilkan leksem baru dari leksem dasar. Misalnya kata reviews dapat dianalisis atas sebuah prefiks re-, sebuah akar view, dan sebuah sufiks -s. Prefiks re- membentuk leksem baru review dari bentuk dasar view, sedangkan sufiks -s membentuk kata yang lain dari leksem review. Jadi prefiks re- bersifat derivasi, sedangkan sufiks -s bersifat infleksi.
 Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa derivasi adalah suatu perubahan proses kelas kata (kata kerja) dengan atau tanpa pemindahan kelas kata.
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment