Tuesday 13 May 2014

Arti Kata : Pengertian Sekuralisme

Sekuralisme adalah aliran baru dalam gerakan perusak yang berorientasi untuk memisahkan agama dari negara, dan menyibukkan diri dengan nafsu dunia dan kesenangannya, serta menjadikan hal tersebut satu-satunya tujuan hidup ini melupakan serta lalai dari akhirat, juga tidak memperdulikan amalan akhirat.

Sekularisme atau sekulerisme dalam penggunaan masa kini secara garis besar adalah sebuah ideologi yang menyatakan bahwa sebuah institusi atau harus berdiri terpisah dari agama atau kepercayaan. Sekularisme dapat menunjang kebebasan beragama dan kebebasan dari pemaksaan kepercayaan dengan menyediakan sebuah rangka yang netral dalam masalah kepercayaan serta tidak menganakemaskan sebuah agama tertentu.

Sekularisme juga merujuk ke pada anggapan bahwa aktivitas dan penentuan manusia, terutamanya yang politis, harus didasarkan pada apa yang dianggap sebagai bukti konkret dan fakta, dan bukan berdasarkan pengaruh keagamaan.

Tujuan dan argumen yang mendukung sekularisme beragam. Dalam Laisisme Eropa, diusulkan bahwa sekularisme adalah gerakan menuju modernisasi dan menjauh dari nilai-nilai keagamaan tradisional. Tipe sekularisme ini, pada tingkat sosial dan filsafat seringkali terjadi selagi masih memelihara gereja negara yang resmi, atau dukungan kenegaraan lainnya terhadap agama.

Source : Wikipedia, kumpulankonsultasi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment