Wednesday 12 March 2014

Penjelasan Synchronous Communication dan Asynchronous Communication

Synchronous Communication

Synchronous transmission ini dikenal juga dengan istilah synchronous transfer mode (STM). Proses pengirim dan penerima diatur sedemikian rupa agar memiliki pengaturan yang sama, sehingga dapat dikirimkan dan diterima dengan baik antar alat tersebut. Umumnya pengaturan ini didasarkan terhadap pewaktuan dalam mengirimkan sinyal. Pewaktuan ini diatur oleh suatu denyut listrik secara periodik yang disebut dengan clock atau timer.

Pada metode ini, clock antar pengirim dan penerima harus benar-benar sama dan akurat. Clock yang ada pada penerima akan memberitahu kepada clock yang ada pada penerima kapan proses serah terima dilakukan. Dengan adanya keakuratan clock ini, clock yang ada pada pengirim dan clock yang ada pada pada penerima akan melakukan proses secara bersamaan.

Asal kata dari Synchronous sendiri adalah istilah yang digunakan pada bidang komunikasi atau sistem operasi untuk suatu kejadian yang terjadi pada waktu bersamaan dengan rate yang sama, dan kejadian ini terjadi berkelanjutan dan dapat diprediksi.

Contoh :

Pengambilan gambar (photo) melalui webcam notebook

Pada saat terjadi proses input gambar, terjadi proses wait loop sampai gambar tersebut terbentuk dan user tidak dapat melakukan pengambilan gambar selanjutnya sebelum proses pertama selesai.

 

 

Asynchronous Communication

Asynchronous adalah proses komunikasi data yang tidak terikat dengan waktu tetap, proses transformasi data kecepatannya cukup relatif dan tidak tetap. Metode komunikasi data serial dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. Data dikirimkan perbit dalam satuan waktu. Tiap simbol yang dikirimkan mempunyai start bit dan stop bit, untuk melakukan singkronisasi dari suatu device pengirim dan penerima. Interval waktu yang terjadi antara satu karakter dengan karakter lainnya dapat bervariasi. Pada umumnya Asynchronous merupakan operasi yang tak tergantung dari mekanisme timing apapun, misalnya sebuah jam.

Asynchronous transmission ini sering juga diisitilahkan dengan Asynchronous Transfer Mode (ATM). Mode ini paling sering digunakan untuk mengirimkan dan menerima data antar dua alat. Pada mode ini berarti clock yang digunakan oleh kedua alat, tidak bekerja selaras satu dengan lainnya. Dengan demikian, data harus berisikan informasi tambahan yang mengijinkan kedua alat menyetujui kapan pengiriman data dilakukan. Dengan demikian, proses transfer dapat dilakukan dengan waktu yang berbeda-beda. Contoh komunikasi data dengan Ashynchronous ini adalah Modem, Mesin Fax, dan TCP/IP

Contoh :

Chatting melalui social network

Pada saat user melakukan intput perhuruf (pengetikan) tidak terjadi waktu tunggu untuk proses pertama selesai, akan tetapi  user dapat langsung menginput huruf selanjutnya yang di inginkan. (Asynchoronous).

 

Source : http://jeisha.blogspot.com/2009/10/synchronous-vs-asynchronous.html

http://duniadalamit.blogspot.com/2012/02/synchronous-dan-asynchronous.html

No comments:

Post a Comment