Sebuah speedometer pada meteran kecepatan merupakan indikator yang mengukur dan menampilkan kecepatan sesaat dari sebuah kendaraan darat. Sekarang secara universal dipasang untuk kendaraan bermotor, mereka mulai akan tersedia sebagai pilihan pada 1900-an, dan sebagai perlengkapan standar dari sekitar 1910 dan seterusnya. Spedometer untuk kendaraan lain memiliki nama khusus dan menggunakan cara lain untuk mengirim kecepatan. Untuk perahu / boat disebut log pit, Untuk pesawat terbang, ini disebut dengan nama airspeed indicator.
Speedometer diciptakan oleh Kroasia Josip Belušić di tahun 1888, dan pada awalnya disebut dengan nama velocimeter.
Eddy Saat Ini
Eddy speedometer saat ini telah digunakan selama lebih dari satu abad dan masih digunakan secara luas. Sampai tahun 1980-an dan munculnya spedometer elektronik itu adalah satu-satunya jenis yang umum digunakan.
Awalnya dipatenkan oleh Jerman, Otto Schulze pada 7 Oktober 1902, menggunakan kabel fleksibel berputar biasanya didorong oleh gearing terkait dengan output transmisi kendaraan. Awal Volkswagen Beetle dan banyak sepeda motor, bagaimanapun, gunakan kabel didorong dari roda depan.
Ketika mobil atau sepeda motor bergerak, perakitan gigi speedometer akan berubah kabel speedometer yang kemudian berubah mekanisme speedometer sendiri. Sebuah magnet permanen kecil yang ditempelkan ke kabel speedometer berinteraksi dengan aluminium secangkir kecil (disebut speedcup) menempel pada poros dari pointer pada instrumen speedometer analog. Sebagai magnet berputar di dekat cangkir, medan magnet yang berubah menghasilkan arus eddy dalam cangkir, yang sendiri menghasilkan medan magnet lainnya. Efeknya adalah bahwa magnet diberikannya torsi pada cangkir, "menyeret" itu, dan dengan demikian pointer speedometer, ke arah rotasi tanpa sambungan mekanis antara mereka.
Poros pointer dipegang menuju nol oleh pegas torsi baik. Torsi pada cangkir meningkat dengan kecepatan rotasi magnet (yang didorong oleh transmisi mobil). Dengan demikian peningkatan kecepatan mobil akan memutar cangkir dan speedometer pointer terhadap pegas. Cangkir dan pointer akan berubah sampai torsi arus eddy pada cangkirnya tersebut seimbang dengan torsi berlawanan dari pegas, dan kemudian berhenti. Mengingat torsi pada cangkir sebanding dengan laju mobil, dan defleksi pegas adalah sebanding dengan torsi, sudut pointer juga sebanding dengan kecepatan, sehingga spidol sama-spasi pada dial dapat digunakan untuk kesenjangan dalam kecepatan. Pada kecepatan tertentu pointer akan tetap bergerak dan menunjuk tepat ke nomor pada dial speedometer.
Pegas kembali dikalibrasi sedemikian rupa sehingga kecepatan revolusi diberikan kabel sesuai dengan indikasi kecepatan tertentu pada speedometer. Kalibrasi ini harus memperhitungkan beberapa faktor, termasuk rasio roda gigi tailshaft yang mendorong kabel fleksibel, rasio final drive di diferensial, dan diameter ban driven.
Elektronik
Banyak spedometer modern elektronik. Dalam desain yang berasal dari model sebelumnya eddy-saat ini, sensor rotasi dipasang dalam transmisi memberikan serangkaian pulsa elektronik yang frekuensi sesuai dengan (rata-rata) kecepatan rotasi driveshaft, dan karena itu kecepatan kendaraan, dengan asumsi roda memiliki traksi penuh. Sensor ini biasanya satu set dari satu atau lebih magnet yang dipasang pada poros output atau (dalam transaxles) diferensial crownwheel, atau disk logam bergigi diposisikan antara magnet dan sensor medan magnet. Sebagai bagian dalam pertanyaan bergantian, magnet atau gigi lewat di bawahnya sensor, setiap kali menghasilkan pulsa di sensor karena mereka mempengaruhi kekuatan medan magnet itu mengukur. Atau, dalam desain yang lebih baru, beberapa produsen mengandalkan denyut yang berasal dari sensor roda ABS.
Sebuah komputer mengubah pulsa untuk kecepatan dan menampilkan kecepatan ini pada yang dikontrol secara elektronik, jarum analog-gaya atau tampilan digital. Informasi Pulse juga digunakan untuk berbagai tujuan lain dengan sistem kontrol ECU atau penuh kendaraan, misalnya memicu ABS atau kontrol traksi, menghitung kecepatan perjalanan rata-rata, atau lebih biasa-biasa untuk kenaikan odometer di tempat itu yang berubah secara langsung oleh kabel speedometer.
Bentuk lain awal speedometer elektronik bergantung pada interaksi antara mekanisme menonton presisi dan pulsator mekanik didorong oleh roda mobil atau transmisi. Upaya mekanisme arloji untuk mendorong pointer speedometer menuju nol, sedangkan pulsator kendaraan-driven mencoba untuk mendorong ke arah tak terhingga. Posisi pointer speedometer mencerminkan besaran relatif dari output dari dua mekanisme.
Bicycle speedometers
Spedometer sepeda Khas mengukur waktu antara setiap revolusi roda, dan memberikan pembacaan pada kecil , stang -mount tampilan digital . Sensor dipasang pada sepeda di lokasi yang tetap , berdenyut ketika berbicara magnet - mount lewat . Dengan cara ini , itu adalah analog dengan mobil speedometer elektronik menggunakan pulsa dari sensor ABS , tapi dengan waktu / jarak lebih kasar resolusi lebih - biasanya satu pulsa / layar pembaruan per revolusi , atau jarang sekali setiap 2-3 detik pada rendah kecepatan dengan 26 inci ( lingkar 2.07m , tanpa ban ) roda. Namun, ini jarang menjadi masalah kritis, dan sistem menyediakan update sering di jalan kecepatan tinggi di mana informasi yang lebih impor . Frekuensi rendah pulsa juga memiliki dampak kecil pada akurasi pengukuran , sebagai perangkat ini digital dapat diprogram oleh ukuran roda, atau tambahan dengan roda atau lingkar ban untuk membuat pengukuran jarak yang lebih akurat dan tepat dari sebuah kendaraan bermotor pengukur khas. Namun perangkat ini membawa beberapa kelemahan kecil dalam membutuhkan daya dari baterai yang harus diganti setiap begitu sering ( di penerima DAN sensor , untuk model nirkabel ) , dan , dalam model kabel , sinyal yang dibawa oleh kabel tipis yang jauh lebih kuat daripada yang digunakan untuk rem , roda gigi , atau kabel spedometer .
Lainnya , spedometer sepeda biasanya lebih tua adalah kabel didorong dari satu atau roda lainnya , seperti di spedometer sepeda motor yang dijelaskan di atas . Ini tidak memerlukan daya baterai , tetapi bisa relatif besar dan berat , dan mungkin kurang akurat . Kekuatan berputar pada roda dapat diberikan baik dari sistem gearing di hub ( memanfaatkan kehadiran misalnya hub rem, gear silinder atau dinamo ) per sepeda motor yang khas , atau dengan perangkat gesekan roda yang mendorong terhadap tepi luar dari pelek ( posisi yang sama seperti rim rem , tapi di tepi berlawanan garpu ) atau dinding samping ban itu sendiri . Mantan Jenis cukup handal dan pemeliharaan rendah tetapi membutuhkan gauge dan hub gearing benar cocok ke tepi dan ukuran ban , sedangkan yang terakhir memerlukan sedikit atau tidak ada kalibrasi untuk pembacaan cukup akurat ( dengan ban standar, " jarak " tercakup dalam masing-masing putaran roda oleh gesekan roda yang menempel di pelek harus skala cukup linear dengan ukuran roda, hampir seolah-olah itu bergulir sepanjang tanah itu sendiri ) , tetapi tidak cocok untuk penggunaan off -road , dan perlu disimpan dengan baik dikencangkan dan bersih dari kotoran jalan untuk menghindari tergelincir atau kemacetan .
Error
Kebanyakan spedometer memiliki toleransi beberapa ± 10%, terutama disebabkan oleh variasi diameter ban. Sumber kesalahan karena variasi diameter ban adalah pakai, suhu, tekanan, beban kendaraan, dan ukuran ban nominal. Produsen kendaraan biasanya mengkalibrasi spedometer untuk membaca tinggi dengan jumlah yang sama dengan kesalahan rata-rata, untuk memastikan bahwa mereka tidak pernah spedometer menunjukkan kecepatan yang lebih rendah dari kecepatan aktual kendaraan, untuk memastikan mereka tidak bertanggung jawab untuk driver melanggar batas kecepatan.
Error speedometer berlebihan setelah manufaktur dapat berasal dari beberapa penyebab tetapi yang paling sering adalah karena standar diameter non ban, dalam hal kesalahan adalah
Hampir semua ban sekarang memiliki ukuran mereka ditampilkan sebagai "T / AW" pada sisi ban (Lihat: Kode Ban), dan ban
Misalnya, ban standar "185/70R14" dengan diameter = 2 * 185 * (70/100) + (14 * 25,4) = 614,6 mm (+ 14 = 185x70/1270 24,20 in). Lain adalah "195/50R15" dengan 2 * 195 * (50/100) + (15 * 25,4) = 576,0 mm (+ 15 = 195x50/1270 22,68 in). Mengganti ban pertama (dan roda) dengan kedua (pada 15 "= 381 mm roda), speedometer membaca 100 * (1 - (576/614.6)) = 100 * (1 - 22.68/24.20) = 6,28% lebih tinggi dari kecepatan yang sebenarnya. pada kecepatan yang sebenarnya dari 100 km / h (60 mph), speedometer akan menunjukkan 100 x 1,0628 = 106,28 km / jam (60 * 1,0628 = 63,77 mph), sekitar.
Dalam kasus pakai, baru "185/70R14" ban 620 mm (24,4 inci) diameter akan memiliki ~ 8 mm kedalaman tapak, di batas hukum ini untuk mengurangi 1,6 mm, perbedaan menjadi 12,8 mm atau 0,5 inci yang adalah 2% pada 620 mm (24,4 inci).
Perjanjian Internasional
Alternatively, in more recent designs, some manufacturers rely on pulses coming from the ABS wheel sensors. Di banyak negara kesalahan diundangkan dalam pembacaan speedometer pada akhirnya diatur oleh Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa (UNECE) Peraturan 39 yang meliputi aspek-aspek persetujuan jenis kendaraan yang berhubungan dengan spedometer. Tujuan utama dari peraturan UNECE adalah untuk memfasilitasi perdagangan kendaraan bermotor dengan menyetujui seragam standar persetujuan jenis daripada membutuhkan model kendaraan untuk menjalani proses persetujuan yang berbeda di setiap negara di mana ia akan dijual.
Uni negara anggota Eropa juga harus memberikan persetujuan jenis kendaraan memenuhi standar Uni Eropa yang sama. Yang meliputi spedometer serupa dengan regulasi UNECE dalam bahwa mereka menetapkan bahwa:
- Kecepatan yang ditunjukkan tidak harus kurang dari kecepatan yang sebenarnya, yaitu tidak mungkin untuk sengaja mempercepat karena pembacaan speedometer yang salah.
- Kecepatan yang ditunjukkan tidak boleh lebih dari 110 persen dari kecepatan sebenarnya ditambah 4 km / jam pada kecepatan uji yang ditentukan. Sebagai contoh, pada 80 km / jam, kecepatan yang ditunjukkan harus tidak lebih dari 92 km / jam.
Standar menentukan baik batas akurasi dan banyak rincian tentang bagaimana harus diukur selama proses persetujuan, misalnya bahwa uji pengukuran harus dilakukan (untuk kendaraan yang paling) pada 40, 80 dan 120 km / jam, dan pada suhu ambien tertentu. Ada sedikit perbedaan antara standar yang berbeda, misalnya dalam akurasi minimum peralatan mengukur kecepatan sebenarnya dari kendaraan.
Peraturan UNECE melemaskan persyaratan untuk kendaraan yang diproduksi massal berikut persetujuan tipe. Pada Kesesuaian Audit Produksi batas atas kecepatan yang ditunjukkan meningkat menjadi 110 persen ditambah 6 km / jam untuk mobil, bus, truk dan kendaraan sejenis, dan 110 persen ditambah 8 km / jam untuk dua atau kendaraan roda tiga yang memiliki kecepatan maksimum di atas 50 km / jam (atau kapasitas silinder, jika didukung oleh mesin panas, lebih dari 50 cm ³). Uni Eropa Directive 2000/7/EC, yang berkaitan dengan dua dan kendaraan roda tiga, memberikan batasan serupa yang sedikit santai dalam produksi.
Australia
Tidak ada Aturan Desain Australia di tempat untuk spedometer di Australia sebelum Juli 1988. Mereka harus diperkenalkan ketika kamera kecepatan pertama kali digunakan. Ini berarti tidak ada spedometer secara hukum akurat untuk kendaraan-kendaraan tua. Semua kendaraan yang diproduksi pada atau setelah 1 Juli 2007, dan semua model kendaraan diperkenalkan pada atau setelah 1 Juli 2006, harus sesuai dengan Peraturan UNECE 39.
spedometer di kendaraan yang diproduksi sebelum tanggal ini tetapi setelah 1 Juli 1995 (atau 1 Januari 1995 untuk kendaraan penumpang kontrol ke depan dan kendaraan penumpang off-road) harus sesuai dengan aturan desain Australia sebelumnya. Ini menetapkan bahwa mereka hanya perlu menampilkan kecepatan dengan akurasi + / - 10% pada kecepatan di atas 40 km / jam, dan tidak ada akurasi tertentu sama sekali untuk kecepatan di bawah 40 km / jam. Semua kendaraan yang diproduksi di Australia atau diimpor untuk pasokan ke pasar Australia harus mematuhi Aturan Desain Australia.
Pemerintah negara bagian dan teritori dapat menetapkan kebijakan untuk toleransi kecepatan di atas batas kecepatan diposting yang mungkin lebih rendah dari 10% dalam versi sebelumnya dari Aturan Desain Australia diijinkan, seperti di Victoria. Hal ini telah menyebabkan beberapa kontroversi karena akan mungkin untuk driver untuk tidak menyadari bahwa ia harus mempercepat kendaraannya dipasang dengan speedometer di bawah membaca.
Inggris Raya
Kendaraan Jalan diubah (Konstruksi dan Penggunaan) Peraturan 1986 izin penggunaan spedometer yang memenuhi persyaratan baik dari EC Council Directive 75/443 (sebagaimana telah diubah dengan Directive 97/39) atau UNECE Peraturan 39.
Di Kendaraan Bermotor (Persetujuan) Peraturan 2001 izin kendaraan tunggal untuk disetujui. Seperti dengan regulasi UNECE dan EC Directive, speedometer tidak harus menunjukkan kecepatan yang ditunjukkan kurang dari kecepatan yang sebenarnya. Namun sedikit berbeda dari mereka dalam menetapkan bahwa untuk semua kecepatan yang sebenarnya antara 25 mph dan 70 mph (atau kecepatan maksimum kendaraan 'jika lebih rendah dari ini), kecepatan yang ditunjukkan tidak boleh melebihi 110% dari kecepatan yang sebenarnya, ditambah 6,25 mph .
Misalnya, jika kendaraan sebenarnya bepergian pada 50 mph, speedometer harus tidak menunjukkan lebih dari 61,25 mph atau kurang dari 50 mph.
Amerika Serikat
Standar federal di Amerika Serikat memungkinkan kesalahan 5 mph maksimum pada kecepatan 50 mph pada pembacaan speedometer untuk kendaraan komersial. Modifikasi aftermarket, seperti ban yang berbeda dan ukuran roda atau diferensial yang berbeda gearing, dapat menyebabkan ketidaktepatan speedometer.
Source-translater : http://en.wikipedia.org/wiki/Speedometer
No comments:
Post a Comment