Friday 29 March 2024

Menghilangkan Mabuk dengan Lemon dan Soda

Anda yang ingin segera pulih dari kondisi mabuk bisa mencoba menggunakan lemon yang dicampur soda. Para peneliti di Sun Yat-Sen University melakukan pengujian hubungan terhadap 57 minuman mulai dari teh, herbal panas, dan bersoda dengan pengaruh ADH dan ALDH.

Studi ini telah diterbitkan di Royal Society of Chemistry Journal Food and Fuction. Awalnya mereka ingin melihat penyebab seseorang menjadi mabuk dampak dari reaksi tubuh yang seperti apa, menurut penelitian mabuk tidak hanya berasal dari jumlah alkohol yang dikonsumsi, tetapi proses tubuh mengung alkohol.

Setelah mengonsumsi minuman beralkohol tubuh melewati dua tahap proses metabolisme untuk mengurangi ethanol. Ketika alkohol masuk ke dalam tubuh hati melepaskan enzim yang disebut alkohol dehidrogenase (ADH) yang memecah etanol dalam alkohol menjadi kimia yang disebut asetaldehida.

Hal ini kemudian dipecah menjadi bahan kimia lain yang disebut asetat oleh enzim yang disebut aldehyde dehydrogenase (ALDH). Saat tubuh terpapar acetaldehyde dalam waktu lama bisa menyebabkan gejala mabuk seperti mual, muntah, dan pusing.

Hasil penelitian menemukan teh herbal terbukti bisa memperlambat proses metabolisme yang membuat mabuk lebih lama. Sementara minuman bersoda yang ditambahkan lemon ternyata bisa mempercepat proses kerja enzim sehingga mampu meredakan mabuk dikutip Dailymail, Kamis (10/10/2013).

Hal ini karena soda dan lemon memperpendek paparan tubuh terhadap acetaldehyde. Tim peneliti berencana akan mengadakan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hasil penelitian.

 

Source : Liputan6.com

No comments:

Post a Comment