Saturday 23 March 2024

Tips : Bagaimana Cara Agar Konsentrasi/Fokus Dalam Bekerja

Saat konsentrasi terganggu di pagi hari dan merusak suasana kerja, kopi bukan satu-satunya jalan keluar. Cara ini memang bisa mengembalikan konsentrasi secara kilat karena kafeinnya bekerja mengaktifkan saraf. Tapi, Anda juga akan mengalami ketergantungan dengan minuman hitam ini dengan dosis yang terus bertambah. Efeknya: kesehatan jantung terganggu.

Seperti dilansir Huffington Post, berikut empat cara aman mendapatkan fokus pikiran.

  1. Olahraga

    Sebagai ganti kopi,  lakukan olahraga ringan seperti lari pagi atau olahraga lain yang dapat dilakukan sambil duduk di bangku kerja. Aktifitas fisik terbukti mempertajam fokus, selain itu juga membantu memicu pelepasan bahan kimia di otak yang diduga dapat memengaruhi daya memori. 

  2. Minum air lebih banyak

    Sebuah penelitian dalam The Journal of Nutrition tahun 2012 mengungkapkan bahwa dehidrasi ringan dapat membuat Anda kekurangan fokus ketika bekerja. Dua persen wanita yang mengalami dehidrasi, kesulitan untuk berkonsentrasi dan gagal dalam kemampuan tes kognitif. Menurunnya kemampuan untuk berkonsentrasi ini adalah sinyal peringatan dini bahwa tubuh kekurangan cairan.

  3. Tidur lebih lama

    "Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi sering disebabkan oleh kurangnya waktu tidur," ungkap Vatsal G. Thakkar MD, asisten psikiatri klinis di New York University School of Medicine. Karena itu ia menyarankan untuk tidur minimal tujuh jam dalam sehari.

    Karena jika Anda tidur di bawah tujuh jam sehari, tubuh akan berada di fase delta dan membuat Anda jadi lebih sulit untuk fokus. Dengan waktu tidur yang cukup, maka fokus perhatian Anda akan lebih mudah dikendalikan dan bertahan lebih lama.

  4. Melihat jari kaki

    Cara paling mudah untuk membantu mengembalikan fokus adalah dengan berkonsentrasi pada hal-hal kecil. Olivia Fox Cabane, penulis buku The Charisma Myth menyarankan untuk melihat jari kaki Anda. Lihatlah jari kaki Anda beberapa saat sampai Anda merasa benar-benar fokus saat melihatnya.

 

Source : VIVAlife

No comments:

Post a Comment