Tuesday 24 September 2013

Jumlah dan Bentuk Soal Cpns 2013

Pada tanggal 19 Agustus Pemerintah (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)) telah menerima Soal Cpns 2013 dari pembuat soal cpns yakni konsorsium 10 perguruan tinggi negeri (PTN) yang ditugaskan oleh Panitia/Pemerintah untuk menyusun soal ujian calon pegawai negeri tinggi (CPNS) 2013. Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menerima master soal Cpns yang terdiri dari soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Acara penyerahan master soal tersebut dihadiri oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS antara lain dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kemendikbud, Puspendik, BKN, BPPT, BIN, dan konsorsium PTN. Selanjutnya master soal tersebut oleh Menteri PANRB diserahkan kepada Tim dari Puspendik untuk diverifikasi dan divalidasi untuk keakuratan dan kelayakan. Azwar Abubakar selaku ketua tim pengarah Panselnas pengadaan CPNS, mengapresiasi tim konsorsium karena telah membantu Tim Panselnas dalam menyusun soal tes CPNS 2013.
Menpan-RB segera mengintruksikan tim kerja Panselnas 2013 agar segera menyiapkan perangkat pelaksanaan dan pedoman, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Serta melaporkan progress setiap tahapannya dengan memperhatikan jadwal yang sudah direncanakan. Ia berharap penerimaan CPNS dapat menjadi pondasi pembentukan PNS profesional dan birokrasi Indonesia yang modern menuju birokrasi kelas dunia.

Dalam seleksi Cpns tahun anggaran 2013, berlaku aturan bahwa setiap peserta harus harus mengikuti dan lulus Tes Kompetensi Dasar PNS dan Tes Kompetensi Bidang sesuai bidang tugas masing masing jabatan.

Seperti apakah Bentuk Materi Soal Cpns 2013? Inilah rinciannya :

Materi tes kompetensi dasar CPNS meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang terdiri dari Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).

Materi tes kompetensi dasar CPNS juga berupa Tes Intelegensi Umum (TIU) yang terdiri dari Kemampuan verbal, Kemampuan numerik, Kemampuan berpikir logis, dan Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Selain itu Materi tes kompetensi dasar CPNS terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:

  1. Integritas diri,
  2. Semangat berprestasi,
  3. Kreativitas dan inovasi,
  4. Orientasi pada pelayanan,
  5. Orientasi kepada orang lain,
  6. Kemampuan beradaptasi,
  7. Kemampuan mengendalikan diri,
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas,
  9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan,
  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Sedangkan Materi tes kompetensi Bidang disusun dan ditetapkan oleh Instansi Pembina Jabatan Fungsional, misalnya untuk Guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk Medis paramedic oleh Menteri Kesehatan, dan Iain-lain sesuai jabatan fungsional.

Kira-kira berapa jumlah soalnya? Dalam ujian CAT Cpns, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5.

Untuk mengatasi keadaan itu, harus diciptakan sebuah sistem yang bisa memutus mata rantai transaksi illegal, yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu.

 

Sumber : http://www.soalcpns.web.id/2013/08/jumlah-dan-bentuk-soal-cpns-2013.html

No comments:

Post a Comment