Sunday 4 August 2013

Kriptografi

Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier - Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography]. Tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi.
Ada empat tujuan mendasar dari ilmu kriptografi ini yang juga merupakan aspek keamanan informasi yaitu :
  • Kerahasiaan, adalah layanan yang digunakan untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka/mengupas informasi yang telah disandi.
  • Integritas data, adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.
  • Autentikasi, adalah berhubungan dengan identifikasi/pengenalan, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus diautentikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain-lain.
  • Non-repudiasi., atau nirpenyangkalan adalah usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman/terciptanya suatu informasi oleh yang mengirimkan/membuat.

Terminologi

Sampai zaman modern kriptografi disebut hampir secara eksklusif untuk enkripsi, yang merupakan proses konversi informasi biasa (disebut plaintext) menjadi teks yang tidak dimengerti (disebut ciphertext). Dekripsi sebaliknya, dengan kata lain, bergerak dari tidak dimengerti ciphertext kembali ke plaintext. Sebuah cipher (atau nol) adalah sepasang algoritma yang membuat enkripsi dan dekripsi membalikkan. Operasi rinci cipher dikendalikan baik oleh algoritma dan dalam setiap contoh oleh "kunci". Ini adalah rahasia (idealnya hanya diketahui oleh komunikan), biasanya string pendek karakter, yang diperlukan untuk mendekripsi ciphertext. A "cryptosystem" adalah daftar memerintahkan unsur kemungkinan plainteks terbatas, mungkin cyphertexts terbatas, mungkin kunci terbatas, dan enkripsi dan dekripsi algoritma yang sesuai dengan setiap tombol. Kunci yang penting, karena tanpa cipher kunci variabel dapat sepele rusak hanya dengan pengetahuan tentang cipher digunakan dan karena itu tidak berguna (atau bahkan kontra-produktif) untuk sebagian besar tujuan. Secara historis, cipher sering digunakan secara langsung untuk enkripsi atau dekripsi tanpa prosedur tambahan seperti otentikasi atau pemeriksaan integritas.
Kriptografi Symmetric-kunci, dimana kunci yang sama digunakan baik untuk enkripsi dan dekripsi
Dalam penggunaan sehari-hari, istilah "kode" sering digunakan untuk berarti setiap metode enkripsi atau penyembunyian makna. Namun, dalam kriptografi, kode memiliki arti yang lebih khusus. Ini berarti penggantian unit plaintext (yaitu, sebuah kata atau frase yang bermakna) dengan kata kode (misalnya, walabi menggantikan serangan pada waktu fajar). Kode tidak lagi digunakan dalam kriptografi serius-kecuali kebetulan untuk hal-hal seperti unit sebutan (misalnya, Bronco Flight atau Operasi Overlord)-karena cipher yang dipilih benar keduanya lebih praktis dan lebih aman daripada kode terbaik dan juga lebih baik disesuaikan dengan komputer .

Cryptanalysis adalah istilah yang digunakan untuk studi tentang metode untuk memperoleh arti dari informasi yang dienkripsi tanpa akses ke kunci yang biasanya diperlukan untuk melakukannya, yaitu, itu adalah studi tentang bagaimana untuk memecahkan algoritma enkripsi atau implementasi mereka.

Beberapa menggunakan istilah kriptografi dan kriptologi bergantian dalam bahasa Inggris, sementara yang lain (termasuk latihan militer AS umumnya) menggunakan kriptografi untuk merujuk secara khusus untuk penggunaan dan praktek teknik kriptografi dan kriptologi untuk merujuk pada studi gabungan kriptografi dan kriptanalisis. [8] [9] Inggris lebih fleksibel daripada beberapa bahasa lain di mana kriptologi (dilakukan oleh ahli kriptologi) selalu digunakan dalam arti kedua di atas. Di Wikipedia bahasa Inggris istilah umum yang digunakan untuk seluruh bidang adalah kriptografi (dilakukan oleh kriptografer).

Studi tentang karakteristik bahasa yang memiliki beberapa aplikasi dalam kriptografi (atau kriptologi), yaitu frekuensi data, kombinasi huruf, pola yang universal, dll, disebut cryptolinguistics.
 


Sejarah dari kriptografi dan cryptanalysis (pembacaan sandi)

Sebelum era modern, kriptografi prihatin semata-mata dengan kerahasiaan pesan (misalnya, enkripsi)-konversi pesan dari bentuk dipahami menjadi satu dimengerti dan kembali lagi di ujung yang lain, rendering itu dibaca oleh pencegat atau penyadap tanpa pengetahuan rahasia (yaitu kunci yang diperlukan untuk dekripsi pesan itu). Enkripsi digunakan untuk (berusaha) menjamin kerahasiaan dalam komunikasi, seperti mata-mata, pemimpin militer, dan diplomat. Dalam beberapa dekade terakhir, lapangan telah berkembang di luar masalah kerahasiaan untuk memasukkan teknik untuk memeriksa integritas pesan, pengirim / otentikasi identitas penerima, tanda tangan digital, bukti interaktif dan komputasi aman, antara lain. 


No comments:

Post a Comment